Teori Komputasi
Komputasi sebetulnya
bisa diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input
dengan menggunakan suatu algoritma. Hal ini ialah apa yang disebut dengan teori
komputasi, suatu sub-bidang dari ilmu komputer dan matematika. Selama ribuan
tahun, perhitungan dan komputasi umumnya dilakukan dengan menggunakan pena dan
kertas, atau kapur dan batu tulis, atau dikerjakan secara mental, kadang-kadang
dengan bantuan suatu tabel. Namun sekarang, kebanyakan komputasi telah
dilakukan dengan menggunakan komputer.
Teori komputasi
berkaitan dengan studi bagaimana persoalan (problem) dapat diselesaikan pada
sebuah model dengan menggunakan algoritma. Model tersebut dinamakan model
komputasi. Ada beberapa model yang digunakan, namun yang paling umum dipelajari
adalah mesin Turing. Sebuah mesin Turing dapat dipikirkan sebagai komputer
pribadi meja dengan kapasitas memori yang tak terhingga, namun hanya dapat
diakses dalam bagian-bagian terpisah dan diskret. Ilmuwan komputer mempelajari
mesin Turing karena mudah dirumuskan, dianalisis dan digunakan untuk
pembuktian, dan karena mesin ini mewakili model komputasi yang dianggap sebagai
model paling masuk akal yang paling ampuh yang dimungkinkan. Kapasitas memori
tidak terbatas mungkin terlihat sebagai sifat yang tidak mungkin terwujudkan,
namun setiap permasalahan yang “terputuskan” (decidable) yang dipecahkan oleh
mesin Turing selalu hanya akan memerlukan jumlah memori terhingga. Jadi pada
dasarnya setiap masalah yang dapat dipecahkan (diputuskan) oleh mesin Turing
dapat dipecahkan oleh komputer yang memiliki jumlah memori terbatas.
Teori komputasi
dibagi lagi menjadi 3 ranting :
- Teori
Otomata (automata theory)
Teori Otomata adalah
teori mengenai mesin-mesin abstrak, dan berkaitan erat dengan teori bahasa
formal. ada beberapa hal yang berkaitan dengan Otomata, yaitu Grammar. Grammar
adalah bentuk abstrak yang dapat diterima (accept) untuk membangkitkan suatu
kalimat otomata berdasarkan suatu aturan tertentu.
- Teori
Komputabilitas (computability theory)
Teori komputabilitas
bertujuan untuk memeriksa apakah persoalan komputasi dapat dipecahkan pada
suatu model komputasi teoritis. Dengan kata lain, teori komputabilitas
mengklasifikasikan persoalan sebagai dapat dipecahkan (solvable) atau persoalan
yang tidak dapat dipecahkan (unsolvable). Teori kompleksitas bertujuan untuk
mengkaji kebutuhan waktu dan ruang untuk memecahkan persoalan yang diselesaikan
dengan pendekatan yang berbeda-beda.
- Teori
Kompleksitas (computational complexity theory)
Teori kompleksitas
mengklasifikasikan persoalan sebagai persoalan mudah (easy) atau persoalan
sukar (hard).
Implementasi Komputasi
1. Bidang Fisika
Implementasi
komputasi modern di bidang Fisika adalah Computational Physics yang mempelajari
suatu gabungan antara Fisika, Komputer Sains dan Matematika Terapan untuk
memberikan solusi pada “Kejadian dan masalah yang kompleks pada dunia nyata”
baik dengan menggunakan simulasi juga penggunaan Algoritma yang tepat.
Pemahaman Fisika pada teori, eksperimen dan komputasi haruslah sebanding. Agar
dihasilkan solusi numerik dan visualisasi atau pemodelan yang tepat untuk
memahami masalah Fisika. Untuk melakukan pekerjaan seperti evaluasi integral,
penyelesaian persamaan differensial, penyelesaian persamaan simultan, mem-plot
suatu fungsi/data, membuat pengembangan suatu seri fungsi, menemukan akar
persamaan dan bekerja dengan bilangan kompleks yang menjadi tujuan penerapan
Fisika komputasi. Banyak perangkat lunak ataupun bahasa yang digunakan,
seperti: MatLab, Visual Basic, Fortran, Open Source Physics (OSP), Labview,
Mathematica, dan lain sebagainya digunakan untuk pemahaman dan pencarian solusi
numerik dari masalah-masalah pada Fisika komputasi.
2. Bidang Kimia
Implementasi
komputasi modern di bidang Kimia adalah Computational Chemistry yaitu
penggunaan ilmu komputer untuk membantu menyelesaikan masalah Kimia. Contohnya
penggunaan super komputer untuk menghitung struktur dan sifat molekul. Istilah
Kimia teori dapat didefinisikan sebagai deskripsi Matematika untuk Kimia,
sedangkan Kimia komputasi biasanya digunakan ketika metode Matematika
dikembangkan dengan cukup baik untuk dapat digunakan dalam program komputer.
Perlu dicatat bahwa kata “tepat” atau “sempurna” tidak muncul di sini, karena
sedikit sekali aspek Kimia yang dapat dihitung secara tepat. Hampir semua aspek
kimia dapat digambarkan dalam skema komputasi kualitatif atau kuantitatif
hampiran.
3. Bidang Matematika
Menyelesaikan sebuah
masalah yang berkaitan dengan perhitungan Matematis, namun dalam pengertian
yang akan dibahas dalam pembahasan komputasi modern ini merupakan sebuah sistem
yang akan menyelesaikan masalah Matematis menggunakan komputer dengan cara
menyusun Algoritma yang dapat dimengerti oleh komputer yang berguna untuk
menyelesaikan masalah manusia.
4. Bidang Ekonomi
Pemrograman yang
didesain khusus untuk komputasi Ekonomi dan pengembangan alat bantu dalam
pendidikan komputasi Ekonomi. Karena dibidang Ekonomi pasti memiliki
permasalahan yang harus dipecahkan oleh Algoritma. Contohnya adalah memecahkan
teori statistika untuk memecahkan permasalahan keuangan. Salah satu contoh
komputasi di bidang Ekonomi adalah komputasi statistik. Komputasi statistik
adalah jurusan yang mempelajari teknik pengolahan data, membuat program dan
analisis data serta teknik penyusunan sistem informasi statistik, seperti:
penyusunan basis data, komunikasi data, sistem jaringan, dan diseminasi data
statistik.
5. Bidang Geografi
Geografi adalah ilmu
yang mempelajari tentang lokasi serta persamaan dan perbedaan (variasi)
keruangan atas fenomena fisik dan manusia di atas permukaan bumi. Komputasi
dalam bidang Geografi biasanya di gunakan untuk peramalan cuaca, di Indonesia
khususnya ada salah satu instansi Negara dengan nama BMKG (Badan Meteorologi
Klimatologi dan Geofisika) yakni instansi negara yang meneliti mengamati
tentang Metereologi, Klimatologi kualitas udara dan Geofisika supaya tetap
sesuai dengan perundang undangan yang berlaku di Indonesia.
6. Bidang Geologi
Geologi merupakan
cabang Ilmu sains yang mempelajari tentang Bumi. Yakni komposisi, struktur ,
sifat-sifat, sejarah dan proses, komputasi Geologi umumnya digunakan dibidang
pertambangan sebuah sistem komputer digunakan untuk menganalisa bahan-bahan
mineral dan barang tambang yang terdapat didalam tanah. Implementasi pada
bidang ini untuk memetakan letak sumber daya dan kontur dari permukaan bumi
yang terdapat hasil tambang.
Analisis Aplikasi E-Commerce (Shopee)
Shopee merupakan salah satu perusahaan e-commerce yang ada di indonesia,
berada dibawah naungan Garena (berubah nama menjadi SEA Group) yaitu perusahaan
Internet di Asia Tenggara. Dengan Menjalankan model bisnis C2C (customer to
customer) mobile marketplace dan mall online yang diusung Shopee, memungkinkan
kehadirannya dapat dengan mudah diterima oleh berbagai lapisan masyarakat,
termasuk di Indonesia. Shopee akhirnya resmi diperkenalkan di Singapura pada
tahun 2015 kemudian diikuti oleh negara Malaysia, Filipina, Taiwan,
Thailand, Vietnam, dan Indonesia.
Mengusung visi "Menjadi C2C Mobile Marketplace Nomor 1 di Asia Tenggara",
Shopee yang berada di bawah naungan CEO, Chris Feng, pria lulusan terbaik dari
Universitas Nasional Singapura yang memungkinkan para penggunanya membeli atau
menjual barang melalui aplikasi yang tersedia di platform iOS dan Android.
Shopee Indonesia resmi diperkenalkan di Indonesia pada Desember 2015 di
bawah naungan PT Shopee International Indonesia. Sejak peluncurannya, Shopee
Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat, bahkan hingga Oktober 2017
aplikasinya sudah didownload oleh lebih dari 25 juta pengguna. Menawarkan one
stop mobile experience, Shopee menyediakan fitur live chat yang memudahkan para
penjual dan pembeli untuk saling berinteraksi dengan mudah dan cepat.
Logo Shopee :
Jenis : Perseroan
Terbatas
Industri/jasa : Belanja
Daring
Shopee Indonesia sebagai sarana jual beli daring yang menyediakan berbagai
produk untuk menunjang aktivitas sehari-hari yang mencakup fashion, gadget,
alat kosmetik, alat elektronik, hobi dan koleksi, fotografi, perlengkapan
olahraga, otomotif, vitamin dan suplemen, perlengkapan rumah, makanan dan
minuman, souvenir dan pesta, hingga voucher belanja
Dalam sistem pembayaran Shopee Indonesia menerapkan sistem layanan jual
beli interaktif antara penjual dan pembeli melalui fitur live chat. Shopee
menyediakan berbagai sistem pembayaran melalui transfer bank, Indomaret,
Kredivo, hingga kartu kredit. Selain itu, tersedia juga dompet elektronik,
Shopee Pay yang dapat menyimpan seluruh dana, baik dari penjualan atau
pembelian.
Shopee Indonesia juga memiliki fitur “Koin Shopee”, yaitu koin virtual yang
diperoleh dari hasil pembelian barang dengan promo tertentu dengan sistem
cashback. Nantinya, “Koin Shopee” ini dapat ditukar dengan diskon saat
pembelian barang berikutnya.
Untuk memastikan barang yang dikirim penjual Shopee sampai ke pembeli,
Shopee Indonesia memberlakukan sistem Garansi Shopee sebagai jaminan uang akan
kembali seratus persen apabila barang tidak sampai.
Selain itu shopee Indonesia juga memiliki dukungan logistik yang
berkerjasama dengan beberapa jasa logistik di Indonesia, seperti JNE, J&T,
GO-JEK (Go-Send), dan Pos Indonesia untuk membantu proses pengiriman
barang.
Tampilan Home Shopee
Tampilan shopee sebelum register atau login akun .
Tampilan saat akan register akun .
Tampilan shopee saat akan login akun .
Tampilan fitur live chat .
Tampilan produk yang masuk keranjang untuk selanjutnya ke proses chekout.
Tampilan kategori produk yang ditawarkan.
Tampilan fitur Notifikasi
Tampilan Timeline shopee
KESIMPULAN :
Dari
pembahasan diatas, ada Kelebihan dari shopee itu sendiri, selain mudah dalam
penggunaan aplikasinya, dalam berbelanja shopee menyediakan banyak kategori
barang dalam berbelanja, barang-barang yang disediakan pun termasuk murah dan
terdapat barang grosiran sehingga bisa dibeli dalam jumlah banyak dan murah.
Selain itu di shopee bisa mencari barang yang sama dengan harga yang relatif
lebih murah.
Aplikasi
shopee juga sama dengan aplikasi yang lainnya yang masih memiliki kekurangan
yang harus diperbaiki lagi. Seperti mengharuskan kita register dan memiliki
akun terlebih dahulu jika ingin berbelanja di shopee sedangkan akun yang telah
dterdaftar nantinya jika ingin dihapus maka harus menunggu 2x24 jam. Memang
untuk kedepannya jauh lebih baik mendaftarkan akun sehinggga tidak perlu repot
mengisi data-data kembali, namun tidak ada salahnya untuk memberikan opsi
tambahan untuk “membeli tanpa register “ kepada user, karena tidak semua user
senang berbelanja di marketplace dan tentu lebih cepat dan praktis untuk mereka
yang baru pertama kali belanja atau jarang berbelanja online di marketplace.
Tampilan antarmuka (UI) yang ditampilakn oleh shopee sangat monoton dengan
warna orange disetiap sisi nya dan terasa berat. Apalagi bagi mereka yang tidak
menyukai warna orange.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar